KABUT ASAP SEMAKIN PEKAT, DINKES KOTIM BAGIKAN MASKER KE SEKOLAH

Kondisi Udara yang kurang sehat akibat polusi kabut asap sebagai akibat terbakarnya hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur membuat Pemda Kab. Kotawaringin Timur melalui Dinas Kesehatan bergerak tanggap dengan membagikan masker ke sekolah-sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2019 ini,  secara simbolis dilakukan di SMKN-4 Sampit dihadiri oleh Bapak Halikinnor, SH., MH. selaku Sekretaris Daerah Kab. Kotim. Dalam sambutan dan arahannya beliau menyampaikan “ Akibat polusi asap yang kurang sehat, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita, maka Pemda melalui Dinkes Kab. Kotawaringin Timur membagikan Masker untuk menghindari penyakit seperti ISPA. Memang diakuinya ada peningkatan signifikan kasus ISPA dan Diare saat ini dan beliau mengharapkan kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya seperti Puskesmas untuk selalu tanggap mengatasi kasus/penyakit ini”. 

Selain itu juga beliau menghimbau kepada para pelajar untuk menjadi vioner dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar dari bahaya api yang bisa menyebabkan  kebakaran lahan.

Selain itu hadir juga Bapak Sekretaris Dinas Kesehatan , Bapak Umar Kaderi, SH., M.Sc. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar  selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. “Dampak kabut asap dapat kita minimalisir dengan selalu minum air putih yang banyak, rajin melakukan aktivitas fisik dan makan buah dan sayur dan mengharapkan kepada para pelajar untuk selalu menggunakan masker untuk menekan kasus ISPA”.

Setelah penyerahan secara simbolis yang dilakukan di SMKN-4 Sampit, tim dari Dinkes yang terbagi menjadi 2 Tim langsung menyisir ke sekolah-sekolah untuk melakukan pembagian masker dan penyuluhan tentang bahaya polusi asap. Tim dipimpin langsung oleh Kabid. Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Kepala Puskesmas Ketapang 2. (Ridho)