Kotim Raih Penghargaan Tertinggi dari Kemenkes

Ada yang istimewa pada acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 47 di Aula Siwa Bessy Gedung Prof. Sujudi di Jakarta, Senin (14/7 ) lalu. Dalam acara tersebut Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menerima penghargaan Manggala Karya Bakti Husada dari Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih. Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi S,IKom sendiri yang maju untuk menerima penghargaan tertinggi yang diberikan Negara khusus untuk bidang kesehatan tersebut. Penghargaan Manggala Karya Bakti Husada diberikan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota yang konsisten dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Pemerintah dinilai berdasarkan seberapa besar program pemerintah yang pro rakyat dalam memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu responsif atau daya tanggap pemerintah dalam menangani masalah kesehatan masyarakat juga menjadi pertimbangan dalam pemberian Penghargaan Manggala Karya Bakti Husada


Penilaian di Kabupaten Kotawaringin Timur sendiri dilaksanakan pada akhir bulan Oktober lalu. Ketika itu tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan RI mengunjungi Dinas Kesehatan, RSUD Dr. Murdjani, Puskesmas Ketapang I, MTsN Sampit dan Akademi Keperawatan. Selain itu tim yang terdiri dari 4 orang itu juga mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Kesehatan mengenai program pembangunan kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam paparannya ketika itu, dr. Yuendri menyampaikan program-program kesehatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur. Di antaranya program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), berdirinya UPF KIA yang sejalan dengan program Jampersal Kementerian Kesehatan, terbitnya Perda No. 5 Tahun 2008 Tentang Regulasi Kesehatan, serta pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SIMKES). Selain itu pemerintah daerah juga telah membangun berbagai fasilitas penunjang kesehatan diantaranya peningkatan fasilitas beberapa puskesmas hingga menjadi tempat rawat inap, peningkatan status RSUD dr. Murdjani menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), dan peralatan kesehatan lainnya. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga terus meningkatkan SDM/aparatur yang bergerak di bidang kesehatan sehingga kesehatan masyarakat dapat tertangani secara profesional.

Diraihnya penghargaan membanggakan ini tentu juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur yang selalu mendukung program-program pembangunan kesehatan dari pemerintah. Ini bisa dilihat setiap saat ketika kegiatan Posyandu, imunisasi, kesadaran untuk berobat di sarana kesehatan maupun ketika Dinas Kesehatan melaksanakan fogging untuk memutus rantai penularan Demam Berdarah akhir-akhir ini. Menjadi harapan kita bersama apabila ke depannya program kesehatan dari pemerintah dan dukungan peran serta masyarakat bisa lebih ditingkatkan lagi demi terwujudnya masyarakat Kotawaringin Timur yang sehat dan produktif.

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Informasi. Tandai permalink.