LAUNCHING BRIDGING SIMPUS PCARE DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Bridging System Aplikasi Sistem Informasi Management Puskesmas (Simpus) dengan Aplikasi Primary Care (P-Care) merupakan suatu penggabungan antara kedua sistem. Aplikasi ini yang dilaksanakan secara online.
“P-Care sendiri adalah sistem informasi pelayanan pasien BPJS berbasis komputer online. Sedangkan Simpus merupakan sistem informasi pelayanan semua pasien di Puskesmas yang selama ini sudah ditepakan di Kabupaten Kotawaringin Timur sejak tahun 2011”, jelas Kadiskes dr. Faisal Novendra Cahyanto, M.Kes saat acara launching Bridging System Aplikasi Simpus dan PCare dengan BPJS Kesehatan Cabang Sampit yang dilaksanakan di Hotel Aquarius, Sabtu (03/12/2016).
Pada tahap pertama tahun 2016 ini, Kotawaringin Timur  akan menerapkan Bridging System PCare dan Simpus pada 1 Puskesmas, yaitu Puskesmas Baamang 1, dan dilanjutkan untuk tahun 2017 yaitu bulan Januari- April 2016 sebanyak 4 puskesmas dalam perkotaan serta dilanjutkan puskesmas di luar perkotaan sampai dengan akhir tahun 2017. Sehingga diharapkan akhir tahun 2017 puskesmas sudah mengimplementasikan Bridging Simpus Pcare semua.
Adapun Pengolahan data dalam Bridging System PCare dan Simpus di Puskesmas dilaksanakan mulai dari pendaftaran, penetapan diagnose, pemberian terapi hingga pemeriksaan laboratorium.Sistem ini akan semakin dikembangkan untuk diterapkan pada semua program pelayanan kesehatan, sesuai dengan kebutuhan bidang kesehatan.

Beberapa kendala kemungkinan terjadi dalam penerapan sistem ini, yaitu adanya SDM di Puskesmas yang harus memiliki keterampilan menggunakan komputer, koneksi internet, dan stabilitas web service Pcare. Kendala lain adalah belum semua Puskesmas dialiri listrik, terutama pada siang hari, namun kendala tersebut akan terus dilakukan upaya solusinya. Diharapkan kedepan, semua data kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, terutama di Puskesmas akan dilaksanakan secara real time, sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, tepat waktu dan terintegrsi.