Mengenal Saka Bakti Husada Kotim

 

Satuan pramuka yang satu ini kerap terlihat di setiap kegiatan masal yang dilakukan Dinas Kesehatan. Dengan semangat khas pemuda, mereka tanpa canggung ikut membagikan bubuk larvasida, membersihkan sampah dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), maupun membagikan brosur kepada masyarakat. Mereka ini adalah Saka Bakti Husada Kotawaringin Timur. Kehadiran dan peran mereka sangat penting dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

15 Mei 1985 merupakan lembaran kenangan dan sejarah bagi Saka Bakti Husada (SBH) Cabang Kotawaringin Timur, karena hari tersebut secara resmi berdirinya SBH Kotim yang saat itu bermarkas di sekolah Perawat Kesehatan di Komplek RSUD dr.Murjani Sampit. Mabisakanya pada saat itu adalah Buddy s. Suryoputro (Kepala Dinas Kesehatan) dan ketua hariannya Fahrurazi HS.

 

Sepanjang perjalanannya, berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Di samping latihan rutin, SBH juga selalu terlibat dalam even-even kepramukaan seperti Persami, Peran Saka, Kegiatan Raimuna Takada, Jamnas, Perkemahan Wirakarya JOTA Internasional. Mereka pun berperan aktif dalam kegiatan pembangunan kesehatan seperti abatesasi, PSN, penyemprotan (fogging), penyuluhan, peninjauan pengelolaan limbah perusahaan, pendataan puskesmas, kegiatan posyandu dan lain-lain. Saka Bakti Husada Kotim telah memberikan citra yang baik bagi pengembangan gerakan Pramuka karena bentuk kegiatanya dirasakan bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan perpaduan ilmu kesehatan dan seni,  sehingga wajar menjadi daya tarik bagi generasi muda yang memilih bergabung di SBH Kotim dibanding Saka lainnya .

Prestasi mereka lainnya adalah tahun 2004 Saka Bakti Husada Kotim sukses mengadakan Pertida SBH se-Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah. Tahun 2006 mengikuti Pertida di Palangka Raya, serta pada November 2006 terpilih untuk mewakili Pertinas di Jatinangor, Sumedang.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Informasi dan tag , , , . Tandai permalink.