Mewujudkan Sekolah/Madrasah Sehat Dinas Kesehatan Kotim Adakan Orientasi Penerapan Model Sekolah/Madrasah Sehat Tingkat Kabupaten

             Undang – Undang  Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

            Anak usia sekolah merupakan sasaran intervensi kesehatan yang strategis karena jumlahnya besar, dapat dijangkau melalui sekolah, dan menentukan kualitas pada usia produktif. Namun situasi gizi dan kesehatan anak usia sekolah masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

            Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan kegiatan Orientasi Penerapan Model Sekolah/Madrasah Sehat. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut menghadirkan peserta yang berasal dari Pengelola Program Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat di Puskesmas dan perwakilan dari sekolah yang ditunjuk untuk dijadikan Model Sekolah/Madrasah Sehat yang diwakili langsung oleh Kepala Sekolah dan Guru UKS di sekolah. Sedangkan untuk narasumber, mengundang dari beberapa instansi terkait yaitu berasal Dinas Pendidikan, Dinas Ketahanan Pangan dan menghadirkan Kepala Sekolah dari SDN-2 Baamang Tengah yang mana sekolah tersebut adalah sekolah yang terpilih mewakili Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mengikuti kegiatan Orientasi Penerapan Model Sekolah/Madrasah Sehat di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak dr. Faisal Novendra Cahyanto, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin menyampaikan bahwa “Masalah yang sering muncul di lingkungan sekolah dapat memicu munculnya Penyakit Tidak Menular dan Penyakit Menular yang trendnya cukup tinggi, diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu membuat generasi kita menjadi generasi yang berperilaku hidup bersih dan hidup sehat, apalagi saat ini dengan adanya program Full day School harus diimbangi asupan gizi yang baik, karena ini dapat mempengaruhi prestasi akademik peserta didik”.

            Kepala Dinas mengapresiasi kegiatan tersebut, diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. (Ridho)