Peduli masyarakat pekerja, desa Terantang Kecamatan Seranau bentuk POS UKK

Pos UKK adalah bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberikan Pelayanan Kesehatan Dasar bagi masyarakat pekerja terutama pekerja informal dan juga merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat pekerja.

Dalam rangka mewujudkan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) tersebut, pada tanggal 9 Agustus  2018, dilakukan Sosialisasi sekaligus Pembentukan Pos UKK kepada kelompok pekerja Peruntih Rotan  “SEHAT BERSAMA” di Desa Terantang , Kecamatan Seranau. Sosialisasi dilakukan oleh tim dari Puskesmas Mentaya Seberang, hadir sebagai pendamping dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Bapak Pudjo Ananto dari seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Bapak Muhammad Ridho dari seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat. Sedangkan dari pihak desa hadir  Sekretaris Desa dan Ketua BPD desa Terantang.

“Dengan di bentuknya Pos UKK bagi pekerja Peruntih Rotan di desa Terantang ini, maka jumlah Pos UKK di wilayah Puskesmas Mentaya Seberang bertambah menjadi  3 buah, yang mana sebelumnya sudah ada Pos UKK “Peruntih Rotan Taman” di Desa Terantang Hilir dan Pos UKK  “Taksi Mentaya” di Kelurahan Mentaya Seberang, ke depannya kita akan terus kembangkan lagi Pos UKK di desa yang lainnya. Dan diharapkan dengan adanya Pos UKK ini bisa membantu masyarakat pekerja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan kerja, dan dapat memecahkan masalah dari masalah kesehatan yang terjadi di kelompok kerjanya” ucap  Kepala Puskesmas Mentaya Seberang, Bapak Hasim Sopian.

Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) berasal dari keinginan masyarakat pekerja sendiri, yang mana diketahui ada banyak masyarakat pekerja Peruntih Rotan di Desa Terantang.

Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri, pelayanan kesehatan kerja oleh kader, pekerja dan tenaga kesehatan. Serta pengetahuan tentang munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.

Bapak Buhari Muslim selaku Ketua BPD Desa Terantang menyampaikan “ Desa akan terus berupaya sesuai aturan yang ada untuk mengalokasikan dana terkait pelaksanaan Program Pos UKK nantinya, dan mengharapkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim melalui rekan-rekan Puskesmas Mentaya Seberang untuk terus melakukan koordinasi dan evaluasi terkait pelaksanaan program Pos UKK ini”.

Kegiatan diakhiri dengan dibukanya secara resmi Pos UKK Peruntih Rotan “Sehat Bersama” oleh Ketua BPD Desa Terantang. (Ridho)