PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2016 TELAH DATANG, BERIKAN IMUNISASI POLIO PADA BALITA ANDA SEKARANG

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak dilakukan di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Kotawaringin Timur mulai hari ini, Selasa (8/3/2016). Pencanangan PIN Polio tahun 2016 di Kabupaten Kotawaringin Timur dibuka secara resmi oleh Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi, S.Ikom. Dalam sambutannya Bupati mengingatkan kepada seluruh warga yang mempunyai balita 0-59 bulan untuk melakukan imunisasi Polio di Pos PIN yang telah ditatapkan. Salah satu agenda pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini adalah sektor kesehatan. Walaupun dengan keterbatasan anggaran, pemerintah daerah akan terus memprioritaskan pembangunan kesehatan di masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini dapat dilihat dari pembangunan rumah sakit Parenggean dan Samuda yang sebentar lagi akan segera beroperasi,” papar Bupati Kotim Supian Hadi, S.Ikom.

Perlu diketahui PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Adapun Sasaran Polio di Kabupaten Kotawaringin Timur adalah balita yang berjumlah sekitar 43.508 balita dengan Pos pelayanan PIN yang sudah dibentuk berjumlah 403 pos tersebar di seluruh Kabupaten Kotawaringin Timur.

Acara pencananganan PIN Polio tahun 2016 mengambil tempat di Kelurahan Baamang Barat, dihadiri seluruh SKPD di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur, Camat, Lurah dan Para Kader termasuk masyarakat di sekitar Kecamatan Baamang.