UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19 KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR CANANGKAN VAKSINASI TAHAP PERTAMA

 

Pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di indonesia dan juga mempengaruhi jalannya roda perekonomian di Bumi Habaring Hurung Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Mengatasi dampak pandemi Covid-19 perlu dilakukan upaya khusus tidak hanya melalui penerapan protokol kesehatan namun juga melalui upaya pemberian vaksinasi.

Hari ini, Rabu 27/01/2021 Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan Pencanangan Pemberian Vaksinasi Covid -19. Kegiatan berlangsung di halaman Puskesmas Baamang Unit 2. Kegiatan dihadiri oleh ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, FORKOPIMDA Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala OPD Kabupaten Kotawaringin Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pendidikan.

Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan panitia yang dalam hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur,  dr. FAISAL NOVENDRA CAHYANTO, M. Kes. Dalam laporannya kepala dinas menyampaikan bahwa ”pada saat ini vaksinasi Covid-19 untuk tahap 1 sasaran SDM Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan untuk pada tahap selanjutnya untuk petugas pelayanan publik, tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan setiap 5 hari dalam 1 minggu pada fasyankes pada bulan Februari adapun total sasaran vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 327.058 sasaran yang terdiri dari : tenaga kesehatan dan petugas pendukung 2.081 sasaran, anggota BPJS PBI : 210.397 sasaran, Petugas Pelayanan Publik (TNI, POLRI, SATPOL PP, LAINNYA) : 25.277 sasaran, masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya : 25.277 sasaran. Beliau juga menyampaikan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak 22 fasyankes terdiri dari 21 puskesmas, 1 kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Sampit, dan jumlah vaksinator yang terlatih sebanyak 110 vaksinator.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Kotawaringin Timur Bapak H. Supian Hadi, S. Ikom, dalam sambutannya beliau menyampaikan “ banyak hal yang muncul sebagai dampak negatif dari penyebaran Covid-19, dan perlu menjadi perhatian khusus kita bersama” dan beliau mengajak untuk bisa bersama memberikan komentar yang nyaman terkait dengan vaksinasi Covid-19, agar tidak ada kekhawatiran di masyarakat, jangan sampai ada rasa ketakutan buat masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur “. Dalam sambutannya Bupati sempat ungkapkan kesedihannya manakala ada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur yang meninggal akibat Covid-19. Dalam penutup sambutannya beliau menyampaikan harapan “semoga dengan pencanangan Vaksinasi Covid-19 hari ini dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 dan kita bisa kembali hidup normal dan tentunya semoga mendapat ridho dari Allah SWT” ungkapnya.

Setelah menyampaikan sambutan Bupati Kotim sekaligus melakukan pencanangan Pemberian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Timur yang ditandai dengan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya pemberian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur. Beliau juga adalah orang pertama yang mendapatkan Vaksinasi kemudian diikuti beberapa pejabat , tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur.