WUJUDKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR CANANGKAN KAMPUNG GERMAS DI KELURAHAN TANAH MAS

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Tujuan utama dari germas adalah untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan menurunkan biaya penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Bertempat di Kelurahan Tanah Mas, tanggal 19 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan Pencanangan Kampung Germas. Pencanangan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Kepala-kepala SOPD, Anggota DPRD, Satuan Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat sekitarnya. Pencanangan diawali dengan kegiatan senam kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan pelayanan Posbindu, demonstrasi cuci tangan yang benar serta expo hasil-hasil pertanian di kelurahan Tanah Mas.

Dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Wakil Bupati mengajak masyarakat untuk :

  1. Peduli terhadap kesehatan kita dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada setiap individu, keluarga dan lingkungan masing-masing.
  2. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, lakukan cek kesehatan secara teratur agar gejala penyakit dapat diketahui secara dini.
  3. Memanfaatkan secara maksimal fasilitas kesehatan yang ada untuk menjamin kesehatan kita semua, kepada jajaran kesehatan, tingkatkan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan, seiring dengan tuntutan akreditasi fasilitas kesehatan,
  4. Tingkatkan makan sayur dan buah, kurangi makanan berlemak dan berkarbohidrat, tingkatkan olahraga dan aktivitas fisik, hindari hal-hal yang berdampak buruk terhadap kesehatan serta rutin cek kesehatan.

(Bagio, Dinkes Kotim)