MEMPERINGATI HARI GIZI NASIONAL, PENGGERAKAN MASYARAKAT UNTUK KESEHATAN IBU, ANAK DAN GIZI DI KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN

Hari Gizi Nasional ke-60 Tahun 2020 tidak diperingati dalam skala Kabupaten Kotawaringin Timur, namun diperingati di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan pada tanggal 29 Januari 2020 lalu. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur beserta Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Camat Mentaya Hilir Selatan, Danramil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kapolsek Jaya Karya Mentaya Hilir Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kepala KUA Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kepala Puskesmas Samuda, Kepala Sekolah/Madrasah (TK/SD/SMA/sederajat) se-Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan siswa-siswi yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Adapun rangkaian acara dalam peringatan tersebut adalah Pembacaan Do’a, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Menyanyikan Mars Gizi, Laporan Ketua Panitia, Sambutan Kepala Puskesmas Samuda, Sambutan Camat Mentaya Hilir Selatan, Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Penandatanganan Komitmen Bersama Pencegahan Stunting di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minum Tablet Tambah Darah bersama, Makan Buah Bersama dan Pembagian Hadiah bagi Pemenang Lomba dalam rangka Hari Gizi Nasional. Acara juga diselingi dengan penampilan pemenang lomba senam cuci tangan, pemenang lomba senam cerdik dan pemenang lomba penyuluhan.

Ketua Panitia, Partiyah, S.Pd. dalam laporannya menyampaikan bahwa ide atau inisiatif pelaksanaan hari gizi nasional ke-60 di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan berasal dari para remaja atau anak sekolah yang tergabung di dalam wadah kader kesehatan remaja (KKR) dan sangat sesuai dengan temanya, gizi optimal untuk generasi milineal. Persiapan dan pelaksanaan acara juga didukung penuh dari Camat Mentaya Hilir Selatan beserta lintas sektor terkait.

Camat Mentaya Hilir Selatan, Drs. Syahrial menyampaikan dalam sambutannya bahwa apapun kegiatan yang bermanfaat dan bernilai positif bagi masyarakat, maka akan didukung. Beliau juga menyampaikan, walaupun peringatan hari gizi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan, diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, khususnya dalam penerapan gizi seimbang, sehingga ke depan tidak ada lagi anak-anak atau generasi muda stunting. Beliaupun mengapresiasi inisiatif para kader kesehatan remaja (KKR) yang menginisiasi kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, dr. Faisal Novendra Cahyanto, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada kader kesehatan remaja (KKR) Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan dalam rangka Hari Gizi Nasional. Beliau menekankan bahwa peringatan hari gizi dapat merupakan upaya bersama berbagai pemangku kepentingan terhadap komitmen, kampanye, edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program sehingga akan tercipta sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan tangguh. Disamping itu, beliau juga mengingatkan bahwa kematian ibu dan bayi merupakan suatu kejadian yang tidak dikehendaki terjadi pada masa kini dan masa yang akan datang, karena salah satu penilaian derajat kesehatan masyarakat ditentukan oleh jumlah kematian ibu dan bayi sebagai cerminan keberhasilan pembangunan suatu bangsa, yang mana kehamilan merupakan investasi sumber daya manusia yang sangat tinggi nilainya. Untuk itu beliau menghimbau agar setiap ibu hamil memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali selama kehamilannya, minum tablet tambah darah minimal 90 tablet, mendapatkan makanan tambah bila mengalami kurang gizi kronis serta melahirkan di fasilitas kesehatan. Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa tidak ada alasan lagi bagi ibu hamil yang mau melahirkan terkendala biaya, karena ada jaminan kesehatan dan jaminan persalinan bagi orang yang tidak mampu dan belum mempunyai jaminan kesehatan. Bahkan untuk transportasi rujukanpun jika diperlukan ditanggung pemerintah dan apabila memerlukan tempat menginap di Sampit, juga telah disediakan rumah tunggu, baik bagi ibu hamil yang akan melahirkan di rumah sakit maupun bagi ibu atau keluarga yang bayinya harus dirawat di Rumah Sakit dr. Murjani Sampit.

Acara juga dimeriahkan dengan bazar yang diisi oleh sekolah/madrasah (SMP dan SMA/sederajat) di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dalam bentuk penyediaan produk makanan dan kerajinan tangan hasil kreasi siswa-siswi SMP/SMA tersebut. Sebelumnya juga telah dilaksanakan beberapa lomba dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-60 Tingkat Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, antara lain berupa Lomba Senam Cuci Tangan tingkat SD, Lomba Senam Cerdik tingkat SMP dan SMA, Lomba Membuat Bekal Isi Piringku tingkat SMP dan SMA, Lomba Penyuluhan tingkat SMP dan SMA, dan Lomba Cerdas Tangkas tingkat SMP dan SMA yang melibatkan dokter kecil dan kader kesehatan remaja se-Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.