TURUNKAN RESIKO KECELAKAAN MELALUI PEMERIKSAAN KESEHATAN SOPIR ANGKUTAN UMUM/ TRAVEL

Dalam upaya mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika serta Polres Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar pemeriksa an kesehatan sopir angkutan umum/ travel. Kegiatan yang  dimulai sejak hari sabtu tanggal 11 Juli s/d 13 Juli 2015 ini digelar di pos travel, terminal bus dan posko mudik lebaran. Dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan test urine supir sebelum melakukan perjalanan. Pemeriksaan kesehatan para supir kendaraan angkutan mudik lebaran dilakukan untuk memastikan kondisi supir dalam keadaan sehat dan tidak mengunsumsi narkoba atau minuman beralkohol pada saat mengemudi sebagai upaya untuk mengurangi angka kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan raya dan untuk mewujudkan sarana transfortasi yang aman.

Dalam keterangannya, Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Tidak Menular (PTM), Mersi SKM, M.Kes menyampaikan kegiatan skreening ini dilakukan sebagai salah satu agenda seksi PTM dengan kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan umum dan test urine. Seandainya dalam pemeriksaan tersebut ditemukan ada supir yang tidak sehat atau mengunsumsi narkoba maka gabungan tim kesehatan, dinas perhubungan dan polres tidak memperbolehkan atau dilarang mengemudikan kendaraan berpenumpang khususnya untuk tujuan luar kota. Sedangkan untuk supir yang terbukti mengunsumsi narkoba, penanganannya akan diserahkan kepada aparat kepolisian.
Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur dan tim gabungan yang terkait.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Informasi. Tandai permalink.