PERTEMUAN PENANGANAN BENCANA BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN 2015

Bencana merupakan kejadian atau peristiwa yang disebabkan oleh alam atau ulah manusia, yang dapat terjadi secara tiba-tiba atau perlahan-lahan yang menyebabkan kerugian harta, benda lingkungan bahkan jiwa manusia. Salah satu bencana yang melanda di kabupaten belum lama ini adalah bencana kabut asap akibat kemarau yang berkepanjangan.
Dalam upaya mengurangi jumlah kesakitan yang disebabkan kabut asap, perlu dilakukan penanganan yang komprehensif. Beberapa upaya dinas kesehatan Kab. Kotawaringin timur diantaranya menyiagakan penuh bagi petugas medis dan paramedis dalam melakukan pertolongan bagi masyarakat yang terkena dampak kabut asap. Selain itu dinas kesehatan juga melaksanakan pertemuan bagi tenaga medis atau pemegang program dalam  penanganan bencana di puskesmas se kabupaten kotawaringin timur.

Dalam sabutan kepala dinas kesehatan yang diwakili oleh kepala bidang pennanggulanan masalah kesehatan Triyono, SKM, M.Kes meyampaikan pentingnya penanganan bencanan bidang kesehatan yang cepat dan tepat, guna menekan morbiditas dan mortalitas.
Pertemuan program penaganan bencana ini dilaksanakan pada tanggal 4-6 November 2015, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab. kotawaringin Timur yang diiukuti oleh 20 orang pemegang program penanganan bencana. Acara pertemuan ini juga diisi oleh berbagai materi dari berbagai program seperti progam pemeberantasan penyakit menular, penyakit tidak menular, surveilans, pelayan kesehatan masyarakat. Selain paparan materi acara pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan dilanjutkan dengan penyusunan rencana tindak lanjut.

 

Pos terkait