Kampanye Imunisasi Campak & Polio Dimulai Besok

 

Sejak awal bulan Oktober ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur terlihat gencar mensosialisasikan Kampanye Imunisasi Campak & Polio yang akan dilaksanakan selama 1 bulan penuh mulai 18 Oktober sampai 18 November nanti. Tak kurang dari Bupati H. Supian Hadi sendiri yang mempromosikan kegiatan ini lewat himbauan di media televisi dan radio. Dalam himbauan tersebut Bupati mengajak seluruh masyarakat, Pegawai Negeri, Camat, Lurah/Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Ibu-ibu PKK, juga para Kader Kesehatan untuk ikut mensosialisasikan kampanye Imunisasi ini.

Bupati saat memberikan imunisasi di Posyandu

Sekedar informasi, kampanye imunisasi tambahan campak dan polio ini dilaksanakan serentak di 17 provinsi di Indonesia, dimana Kalimantan Tengah adalah salah satunya. Imunisasi tambahan gratis ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap seluruh bayi dan anak dari penyakit campak atau yang di daerah kita kerap disebut kerumut serta polio. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat yang memiliki balita agar membawanya ke Posyandu, Puskesmas, Poskesdes, Puskesmas Pembantu, dan tempat-tempat umum strategis dimana imunisasi ini akan dilaksanakan.

Imunisasi yang diberikan adalah imunisasi campak pada anak umur 9-59 bulan dan imunisasi polio pada anak umur 0-59 bulan, tanpa melihat status imunisasinya sebelumnya sehingga yang sudah mendapatkan sebelumnya tetap bisa mendapatkan lagi. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan perlindungan terhadap seluruh bayi/anak dari penyakit campak serta polio, dimana target yang diharapkan minimal 95 % dari sasaran tersebut guna mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dr. Yuendri selaku Kepala Dinas Kesehatan membenarkan hal ini. “Kita memanfaatkan semua media komunikasi yang ada, mulai dari radio, televisi, internet, media cetak, poster, brosur, spanduk, dan baliho untuk mensosialisakan kampanye munisasi ini. Tujuannya supaya semua lapisan masyarakat tahu mengenai program ini dan selanjutnya semuanya tanpa terkecuali bisa mendapatkan imunisasi ini, termasuk mereka yang ada di perkebunan atau perusahaan sawit. Bahkan kita juga bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) supaya mereka yang berada di pelabuhan dan bandara juga bisa mendapatkan imunisasi campak & polio. Dan ini semuanya gratis. Harapan kita supaya Kabupaten Kotawaringin Timur terbebas dari penyakit campak dan polio dan nanti ke depannya kita memiliki sumber daya manusia yang sehat, sesuai misi kita bergerak cepat menyehatkan Kotawaringin Timur yang menyelaraskan dengan misi Bupati untuk bergerak cepat membangun Kotim” terangnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Informasi dan tag , . Tandai permalink.