Kiat Puskesmas Ujung Pandaran Sehatkan Warganya

Berikan Penyuluhan Setiap Hari Lewat SMS

“Salam Sehat. Sudahkah anda cuci tangan pakai air  dan sabun? Ada 5 waktu yang penting untuk cuci tangan: 1) sebelum makan, 2) sesudah buang besar dan kecil, 3) sebelum menyiapkan makanan, 4) sesudah bekerja/pegang uang dan ternak, 5) sebelum memegang bayi. Dengan cuci tangan yang benar dan tepat, dapat mencegah diri kita dari penyakit diare, cacingan dan penyakit perut lainnya. (Tim Puskesmas Ujung Pandaran)”

Bacaan Lainnya

Demikian salah satu isi SMS yang dikirimkan oleh Puskesmas Ujung Pandaran kepada masyarakat Kecamatan Teluk Sampit. Program penyuluhan kesehatan lewat SMS ini mulai dijalankan sejak 7 April lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia.

Dari nomor 085248392199, SMS penyuluhan ini menjadi senjata Puskesmas Ujung Pandaran demi menyebarkan informasi kesehatan kepada masyarakat sekaligus mengatasi kendala jarak desa-desa yang jauh dan waktu tempuh. Selain lebih cepat, cara ini memungkinkan untuk menjangkau bermacam lapisan masyarakat dalam satu waktu yang sama.

Nugroho Kuncoro Yudho, Plt. Kepala Puskesmas Ujung Pandaran memiliki alasan tersendiri mengapa menggunakan langkah unik ini. “Mayoritas orang kini sudah memegang ponsel, dari anak-anak sampai orangtua. Karena itulah kami gunakan cara ini. SMS ini kami kirimkan setiap hari kepada nomor-nomor ponsel yang sudah kami catat. Nomor ponsel kami dapatkan lewat bantuan perawat dan bidan yang bertugas di desa, dan akan terus kami perbarui,” terangnya kemarin (10/4).

“Puskesmas kami terbuka kapan saja selama hari kerja, bukan hanya untuk berobat tapi juga untuk berkonsultasi tentang masalah kesehatan. Dengan itu, kami berharap kesadaran masyarakat untuk mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat semakin tinggi,” terang pria yang baru bertugas di Ujung Pandaran sejak 1 bulan yang lalu ini.

Anda warga Kecamatan Teluk Sampit? Mungkin tak lama lagi anda pun akan menerima SMS-SMS informasi kesehatan dari Puskesmas Ujung Pandaran. (Radar Sampit, Edisi Rabu 11 April 2012)

Pos terkait